Verifikasi Faktual Parpol, PKS Memenuhi Syarat

Foto: Ist.

Petugas dari KPUD Kabupaten Blora melakukan pengecekan administrasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPD Kabupaten Blora, Selasa (30/1/2018).

Selasa, 30 Januari 2018 22:12 WIB

BLORA (wartablora.com)—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Blora. Dengan dinyatakan memenuhi syarat, PKS besar kemungkinan akan lolos dan bisa ikut dalam pemilihan umum di tahun depan.

"Setelah diverifikasi, PKS dinyatakan MS, alias memenuhi syarat," kata Komisioner Bidang Hukum KPUD Kabupaten Blora, Hamdun, Selasa, 30 Januari 2018.

Hamdun mengatakan, Selasa ini merupakan hari pertama jadwal verifikasi faktual partai-partai politik di tingkat kota dan kabupaten. Jadwal ini akan berlangsung hingga Kamis pekan ini.

"Di hari pertama ini hanya PKS yang kami verifikasi, dalam verfak (verifikasi faktual) tersebut ada beberapa poin seperti verifikasi kepengurusan, verifikasi keanggotaan, verifikasi keterlibatan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai, dan verifikasi domisili," jelas Hamdun, seperti dalam rilis PKS DPD Kabupaten Blora yang dikirim ke wartablora.com, Selasa malam.

Berbeda dengan verfak sebelumnya yang mendatangi secara langsung anggota parpol ke rumah masing-masing anggota, kali ini KPUD Blora melakukan verfak dengan hanya mendatangi kantor parpol dan pihak parpol yang mendatangkan anggotanya dengan sampel anggota sejumlah 5 persen, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Blora, Santoso Budi Sesetyo mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala keperluan verifikasi faktual partainya sejak disahkannya putusan MK.

"Agenda ini sudah kami persiapkan secara maksimal sejak kami tahu putusan MK yang terbaru mengenai verifikasi parpol" katanya.

Ia memastikan persyaratan administrasi untuk verifikasi faktual sudah dilengkapi. Sehingga ia yakin partainya bisa lolos dalam proses verifikasi faktual tersebut.

"Sudah diverifikasi tadi semua dokumen terkait syarat KPU. Sebanyak 60 anggota PKS juga sudah kami hadirkan. Soal kesimpulannya (lolos) nanti oleh KPU, yang jelas kami sudah memenuhi semua," kata Budi usai proses verifikasi faktual. (*)