Hutang Pemkab Blora ke Bank Jateng akan dilunasi 2024

Foto: Prokompim

Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan Bank Jateng Cabang Blora yang mengadakan acara penyerahan undian Tabungan Bima.

Senin, 02 Januari 2023 18:20 WIB

BLORA (wartablora.com)—Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, hutang Pemerintah Kabupaten Blora ke Bank Jateng sebesar Rp150 miliar akan dilunasi tahun depan. Meski demikian, ia akan mengupayakan kalau hutang sebesar itu bisa dilunasi tahun ini juga. Upaya ini antara lain dari tambahan anggaran pembayaran hutang yang akan dicoba dimintakan pada APBD 2023 Perubahan.

“Alhamdulillah sudah aman dana yang dipakai bayar angsuran ini. Kita pokoknya dua tahun ini bisa lunas. Kalau misal ada tambahan uang baik di perubahan, mungkin DBH lagi atau lainnya, kalau perlu ya di lunasi di 2023 ini," katanya saat menghadiri penyerahan hadiah Tabungan Bima tahap pertama di Bank Jateng Kantor Cabang Blora, Senin, 2 Januari 2023.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Blora melakukan pinjaman daerah sejumlah 150 miliar dari Bank Jateng percepatan pembangunan infrastruktur pada tahun 2022.

“Terima kasih Bank Jateng, kita tahun kemarin (2022) dapat pinjaman 150 Miliar. Alhamdulillah semua sudah dicairkan, tinggal tahun ini 2023 ini kita membayar. Kami sendiri pihaknya berharap agar pinjaman daerah tersebut bisa lunas dalam waktu relatif singkat,” katanya seraya menambahkan jika angsuran tahun ini telah dianggarkan di APBD 2023.

Ia mengatakan, dari pinjaman daerah tersebut saat ini masyarakat Blora bisa menggunakan dan merasakan manfaat atas perbaikan infrastruktur jalan di berbagai wilayah.

“Kemarin kita memang percepatan pembangunan, dengan pinjaman ini untuk pemerataan pembangunan yang ada di Blora. Alhamdulillah sudah bisa digunakan dan bermanfaat. Untuk jalan-jalan di Kabupaten Blora yang belum dibangun, nanti tahun ini (2023) Insya Allah kita optimis untuk melanjutkan pembangunan-pembangunan yang tersisa,” pungkasnya

Dikemukakan, bahwa pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Blora akan terus didorong, termasuk untuk jalan-jalan yang belum dilakukan pembangunan nantinya akan dilanjutkan. Dengan adanya akses jalan yang memadai, diharapkan dapat menumbuhkan dan mendorong perekonomian masyarakat Blora, sekaligus pemerataan pembangunan.

Peliput: Tim Liputan Prokompim
Editor: Gatot Aribowo