Dilalui kendaraan bertonase, jalan Mr. Iskandar Blora amblas

Foto: Gatot Aribowo

Bergelombang dan amblas. Beginilah keadaan Jln. Mr. Iskandar yang dilalui kendaraan bertonase.

Jumat, 01 Oktober 2021 18:19 WIB

BLORA (wartablora.com)—Perbaikan jalan di perempatan lampu lalu lintas Biandono Blora mengorbankan Jln. Mr. Iskandar Blora. Sepanjang jalan ini dari perempatan lampu lalu lintas Nyah Atak menuju alun-alun Blora mengalami kerusakan parah hingga depan toko-toko pasar lama Blora. Kerusakan paling parah terjadi mulai utara perempatan lampu lalu lintas Nyah Atak hingga perempatan memotong Jln. Kolonel Sunandar, sejauh 230 meter. Jalannya amblas, dan bisa menyebabkan pengendara roda dua jatuh bila tak hati-hati.

Jln. Mr. Iskandar ini bukan merupakan jalan yang dibuat untuk dilalui kendaraan bertonase. Jalur kendaraan bertonase adalah sepanjang Jln. Reksodiputro ke barat menuju Jln. Maluku hingga Jln. Halmahera dan sampai di perempatan Biandono. Sepanjang jalan tersebut adalah jalan penghubung antar kota dalam provinsi. Lantaran arus lalu lintas dari Jln. Halmahera ditutup karena perbaikan jalan perempatan Biandono, arus lalu lintas dialihkan di perempatan Nyah Atak. Akibatnya jalan yang tak pernah dilalui kendaraan-kendaraan bermuatan berat tersebut tak mampu menahan beban. Tak mengherankan jika kemudian jalan tersebut jadi rusak berat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Blora Sam Gautama mengatakan, perbaikan jalan akibat dilalui kendaraan bertonase ini akan diperbaiki begitu arus kendaraan berat sudah kembali ke semula. Saat ini pihaknya masih menunggu selesainya perbaikan jalan perempatan Biandono yang dibeton. Pembetonan perlu dilakukan karena kondisi jalan di perempatan tersebut tak memungkinkan lagi untuk sekedar dipelihara dengan penambalan jalan.

"Kami upayakan nanti dengan pemeliharaan. Mudah-mudahan (sudah) cukup," katanya melalui aplikasi pesan whatsapp, Jumat, 1 Oktober 2021.

Dari papan pekerjaan yang dipasang di lokasi perbaikan jalan perempatan Biandono tersebut, selesainya pekerjaan paling lambat 21 Desember 2021. Sementara mulainya molor hampir sebulan dari kontrak mulainya pekerjaan yang ditulis di papan informasi pekerjaan yang menyebutkan mulainya 24 Agustus 2021. Sementara perbaikan jalan yang dikerjakan CV. Keluarga Jaya tersebut dimulai pada Jumat, 17 September 2021. Penutupan jalan yang dari selatan kemungkinan sehari atau dua hari kemudian, dan sejak itu sudah muncul tanda-tanda Jln. Mr. Iskandar akan mengalami kerusakan berat.

"Upaya perbaikan kita ambilkan dari pos belanja pemeliharaan jalan. Setelah umur beton sudah memenuhi, nanti arus lalu lintas dialihkan kembali. Saat ini kegiatan hanya menunggu umur beton. Jadi (saat ini) perempatan Biandono relatif tidak ada kegiatan," tulisnya dalam pesan whatsapp.

Perbaikan jalan perempatan Biandono ini diambilkan dari APBD Blora dengan nilai pekerjaan lebih Rp693 juta.