Dari upacara detik-detik proklamasi di Alun-Alun Blora

Bupati Blora bacakan amanat kemerdekaan dari Gubernur Jateng

Foto: Dokumen wartablora.com

Pengibaran bendera dalam upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus di Kabupaten Blora dilangsungkan di Alun-Alun Blora.

Kamis, 17 Agustus 2023 12:00 WIB

BLORA (wartablora.com)—Upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus 2023 di Kabupaten Blora dilangsungkan di Alun-Alun Blora. Dalam upacara ini bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Blora Arief Rohman. Sementara bertindak sebagai perwira upacara, AKP Agus Budiyana. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara, AKP Edi Santoso. Ketua DPRD Kabupaten Blora H.M. Dasum ditunjuk untuk membacakan teks proklamasi tepat jam 10 pagi.

Dalam upacara ini, Bupati Blora Arief Rohman membacakan amanat kemerdekaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam amanat tersebut, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada berbagai elemen masyarakat yang membantu pemerintah mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

"Kita tahu, cita-cita kemerdekaan bukan sekadar bebas dari penjajahan. Persatuan, kebersamaan, kemakmuran, kemajuan, penguasaan ilmu pengetahuan, penghormatan sesama warga dunia adalah impian kemerdekaan para pejuang," kata Ganjar dalam amanatnya yang dibacakan Arief Rohman.

"Tapi tentu kita sadar, untuk mewujudkan impian itu dan menjadikannya berkah di bumi Nusantara, bukanlah perkara gampang. Dia juga tidak bisa diupayakan oleh satu golongan apalagi satu orang," lanjutnya.

"Terimakasih juga kepada Saudara-saudaraku para buruh pabrik. Kondusivitas serta proses rembugan yang selama ini kita lakukan berhasil menarik ratusan triliun investasi dalam sepuluh tahun terakhir."

"Kepada Para Guru, Romo, Kiai, dan Seluruh Pemuka Agama, salam sungkem saya haturkan. Berkat kesalehan dan intelektualitas panjenenganlah, indeks pembangunan manusia serta kebahagiaan warga Jawa Tengah terus meningkat. Dan kemiskinan kita terus mengalami penurunan hingga bahkan mencapai 1 juta jiwa lebih."

"Juga kepada para nelayan, pengusaha, karyawan maupun pedagang, terimakasih telah bekerja sebaik-baiknya. Begitu juga para pekerja profesional, PNS maupun pejabat pemerintahan, yang telah melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab, yang telah mereformasi pandangan dan cara kerjanya. Yakni memberikan pelayanan terbaik yang cepat, mudah dan murah kepada masyarakat."

Dalam upacara ini, bertindak sebagai komandan Paskibraka Ipda Rizka Taufik Suni, dan petugas korsik adalah gabungan anggota Kodim 0721/Blora, Polres Blora dan pelajar SMA Negeri 1 Tunjungan.

Sedangkan peserta upacara di antaranya terdiri TNI-Polri, Sat Pol PP, Pegawai ASN, Guru, Korpri, Pramuka, Ormas , Linmas, Warga Sedulur Sikep Samin dan mahasiswa Poltekkes Semarang Kampus Blora.