Aksi sosial bantuan air bersih Progata berlanjut

Foto: wartablora.com

Antusiasme warga Desa Karangayar, Kecamatan Todanan saat menerima bantuan air bersih dari Paguyuban honorer guru dan tenaga kependidikan (Progata) Kabupaten Blora, Jumat (27/9/2019).

Jumat, 27 September 2019 18:54 WIB

BLORA (wartablora.com)—Paguyuban honorer guru dan tenaga kependidikan (Progata) Kabupaten Blora kembali menggelar aksi sosial penyaluran air bersih kepada warga masyarakat yang daerahnya di landa kekeringan. Jika dua hari sebelumnya Progata menyalurkan bantuan air bersihnya ke Kecamatan Jati, Jumat (27/9/2019), Progata menyalurkan bantuan air bersihnya ke Kecamatan Todanan.

"Penyaluran bantuan air bersih sejumlah 2 tangki ini kami salurkan di Desa Karangayar, Kecamatan Todanan," kata Arys Eko Siswanto, Ketua Progata Kabupaten Blora.

Bantuan air bersih disalurkan ke 2 dusun di desa tersebut, yakni Dusun Kalitengah dan Dusun Genengan.

"Penyaluran ini selain bentuk kepedulian kami untuk warga masyarakat yang dilanda kekeringan, juga untuk merayakan hari jadi kami di minggu pertama bulan Oktober nanti," kata Arys.

Zamroni, warga setempat yang turut antri mendapatkan bantuan air bersih mengatakan jika warga Desa Karangayar ini sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan air bersih di musim kekeringan tahun ini.

"Baru ini bantuan dari GTT dan PTT, dan mewakili warga kami mengucapkan terima kasih," katanya.

Warga Desa Karangayar di Kecamatan Todanan ini dilanda kekeringan dalam satu dua bulan terakhir ini. Untuk mendapatkan air bersih, warga yang tidak memiliki sumur harus menempuh jarak 2 kilometer dari desanya untuk mendapatkan sumber air bersih.

"Di pemerintah desa kami sendiri belum ada program penyaluran bantuan air bersih. Hanya di tahun ini ada pekerjaan Pamsimas, yang masih diselesaikan." kata Zamroni.

Pamsimas merupakan akronim dari penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. (*)