Mal pelayanan publik Kabupaten Blora

Memudahkan dan mempercepat

Foto: Gatot Aribowo

Bupati Blora Arief Rohman bersama Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggunting pita sebagai tanda dibukanya secara resmi layanan MPP.

Jumat, 04 Juni 2021 20:42 WIB

HAMPIR 30-an instansi, baik pemerintah maupun non pemerintah membuka gerai layanan di lantai satu gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora. Gedung ini terletak di Jalan Raya Blora-Cepu KM. 5 Jepon, di sebelah timur Mapolres Blora, 200-an meter ke arah Cepu dari lampu lalu lintas perempatan Seso. Letaknya strategis, di pinggir jalan raya yang bisa dicapai dengan transportasi umum.

MPP ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Blora Arief Rohman bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Diah Natalisa pada Kamis, 3 Juni 2021, dan beroperasi penuh sehari kemudian, Jumat, 4 Juni 2021. Sejumlah 29 gerai digelar di gedung bekas Gedung Konco Tani tersebut. Mulai dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah hingga DPMPTSP Kabupaten Blora yang merupakan pintu gerbang layanan-layanan perijinan dari dinas-dinas instansi pemerintah Kabupaten Blora lainnya. Dinas instansi ini juga membuka gerainya di sisi barat pintu masuk gedung, antara lain Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, serta Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan, Dinas Pendidikan, juga Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata. Sementara di sisi timur diisi gerai-gerai non pemerintah, seperti kepolisian, perbankan, layanan sosial, Samsat, dan juga imigrasi.

Mengutip dari situs resmi MPP Kabupaten Blora—bisa diklik di sini, terdapat 92 ijin yang dilayani DPMPTSP Kabupaten Blora. Ijin sebanyak ini juga terkait dengan dinas-dinas instansi pemerintah Kabupaten Blora lainnya. Selain itu terdapat pelayanan Online Single Submission (OSS) yang merupakan tempat pendaftaran dan pengurusan ijin usaha secara online, terintegrasi dan tercatat di sistem nasional.

“Jika ada yang membuat perusahaan, CV ataupun PT, atau mungkin usaha mikro dan kecil menengah akan kami arahkan ke gerai OSS yang letaknya di ujung barat sana,” kata Dwi Kurniawati sambil jarinya menunjuk letak gerai dimaksud.

Dwi jabatannya Kepala Seksi Perijinan Bidang Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Blora. Sehari-hari dia akan dapat ditemui di lobi utama pintu masuk gedung. Dia siap memberikan informasi terkait layanan di MPP, selain layanan perijinan yang menjadi tugas utamanya.

OSS yang dimaksud Dwi adalah sistem pendaftaran badan usaha secara nasional. Pendaftaran ini sebetulnya bisa dilakukan warga dari rumah dengan mengakses secara online—dapat diakses di sini. Pendaftaran menggunakan email dan nomor induk kependudukan yang ada di KTP. Satu KTP satu pendaftaran, tidak bisa rangkap.

“Ini untuk mendapatkan NIB,” kata Dwi merujuk pada Nomor Induk Berusaha. Ini istilah pengganti untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP) pada jaman dulu. Setiap badan usaha memiliki satu NIB. Jika anda, pembaca memiliki CV, lalu membuat PT, akan memiliki dua NIB. Jika punya dua CV dan satu PT, akan memilik tiga NIB. Begitu seterusnya.

Setelah merampungkan NIB, kata Dwi, baru melanjutkan mengurus ijin-ijin. “Jadi ijin-ijin urusannya dengan kami, dan konsultasinya dengan dinas terkait yang gerai-gerainya ada di sisi barat ini. Jika perusahaan konstruksi, bisa konsultasi mengurus ijinnya ke dinas terkait,” kata Dwi.

Sebelum bertemu dengan Dwi, warga yang masuk ke MPP wajib mengambil antrian. Ada mesin yang terhubung dengan komputer jaringan untuk mengambil antrian ini. Jika urusannya dengan perijinan dari DPMPTSP, pilihan antrian adalah ke dinas tersebut. Jika urusannya dengan perpajakan, pilihan antria adalah ke KPP Pratama. Begitu juga dengan urusan lainnya, tinggal apa kepentingan warga saat masuk ke Gedung MPP.

Booking antrian juga dapat diakses dari rumah. Caranya dengan mendaftar di situs resmi MPP, dapat diakses di sini, baik melalui gawai maupun komputer. Setelah mendaftar, lalu login. Pilihan antrian tergantung urusan, sama seperti mengambil antrian secara langsung. Bedanya, tanggal bisa ditentukan dari rumah. Lalu setelah beres, akan muncul kode boking dan barcode. Kode bar ini yang akan digunakan untuk mengakses di mesin antrian pada hari yang telah di-booking.

Dwi mengatakan ada 71 layanan dari berbagai instansi yang membuka gerai di MPP. Selengkapnya layanan apa saja, anda dapat mengaksesnya di sini.

Bupati Blora Arief Rohman saat pembukaan MPP berharap agar dibukanya layanan mal tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Blora.

“Semoga capaian ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Blora, berujung pada kemudahan investasi, pertumbuhan ekonomi, dan pengurangan pengangguran,” katanya. ***