Awal pemerintahan baru

Kominfo menempati perijinan, BUMD-BUMD menempati Disdukcapil

Foto: Gatot Aribowo

Papan nama di resepsionis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora telah dilepas menandai proses perpindahan kantor dinas tersebut sebelum nantinya digabung kembali dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora.

Selasa, 09 Maret 2021 13:00 WIB

BLORA (wartablora.com)—Awal pemerintahan baru di Kabupaten Blora akan diwarnai dengan perpindahan kantor-kantor pemerintah. Setidaknya ada 4 dinas, atau dalam bahasa pemerintahan disebut dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang akan dipindah-pindah kantornya. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) yang saat ini masih menempati kantor sementaranya di Jalan Raya Blora-Rembang Karangjati berdekatan dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora akan pindah menempati kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Jalan Pemuda tak jauh dari Tugu Pancasila. Sementara DPMPTSP akan pindah menempati kantor yang sebelumnya ditempati Dinas Pertanian di Gedung Konco Tani di Jalan Raya Blora-Jepon.

"Kominfo rencana nantinya akan pindah ke perijinan yang bersebelahan dengan Makodim Blora," kata Sekda Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, Selasa, 9 Maret 2021.

Dinas Pertanian untuk sementara akan menempati kantor di Balai Benih di Desa Purwosari, Kecamatan Blora, juga di kantor yang saat ini ditempati Praja Blora, organisasi kepala-kepala desa di Kabupaten Blora. "Ini sementara. Karena tahun depan sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri yang baru Dinas Pertanian akan dikembalikan bergabung dengan Dinas Peternakan dan Perikanan," jelas Komang.

Di bekas kantor Dinas Pertanian, selain DPMPTSP akan juga ditempati Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). "Jadi yang sisi sebelah kanan dari resepsionis akan ditempati Disdukcapil, sementara sisi kiri akan ditempati DPMPTSP. Masing-masing 2 lantai," lanjut Sekda.

Bekas Disdukcapil nantinya akan ditempati badan-badan usaha milik pemerintah daerah, seperti BPH, BPE, dan Wira Usaha. "Kita kumpulkan jadi satu di sana," sambungnya.

Sementara kantor yang saat ini ditempati BPE yang ada di Gedung Samin di lingkungan Setda Blora akan dijadikan Command Center. "Di sini kan juga ada ruang meeting-nya," imbuhnya. ***