Resmi, Darwanto dan WaloyoJati menggenapi jumlah anggota DPRD Blora

Foto: Dokumen wartablora.com

Darwanto dan Waloyojati diambil sumpahnya dalam pelantikan pergantian antar waktu anggota DPRD Blora.

Kamis, 09 Juni 2022 16:00 WIB

BLORA (wartablora.com)—Setelah melewati proses panjang, akhirnya pergantian antar waktu 2 anggota DPRD Kabupaten Blora resmi dilakukan. Dua anggota ini, Darwanto dan Waloyojati diambil sumpah jabatannya pada Kamis, 9 Juni 2022 di ruang paripurna gedung DPRD Blora di Jln. A Yani Blora. Pengambilan sumpah jabatan yang sempat diwarnai pemadaman listrik kurang dari semenit selama 2 kali ini dilakukan Ketua DPRD Blora H.M. Dasum, disaksikan Bupati Blora Arief Rohman dan 3 Wakil Ketua DPRD Blora serta 29 anggota DPRD Blora. Pengambilan sumpah digelar dalam rapat paripurna yang dirangkaikan dengan agenda penyampaian rancangan perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021. Dengan dilantiknya 2 anggota baru ini dengan pengambilan sumpah, maka jumlah anggota DPRD Blora kembali genap jadi 45 orang.

Dua anggota baru ini masing-masing menggantikan Setiyadji Setyawidjaja dan Kartini. Setiyadji diberhentikan oleh partainya, Partai Gerindra, digantikan posisinya oleh Darwanto yang memperoleh suara tepat di bawah Setiyadji pada pemilihan legislatif 2019 di daerah pemilihan 2 yang meliputi 3 kecamatan: Kedungtuban, Cepu, dan Sambong.

Sementara Waloyojati menggantikan posisi Kartini di Fraksi PDIP DPRD Blora yang meninggal pada Minggu, 13 Januari 2022. Almarhumah sempat menempati kursinya di DPRD Blora selama 15 bulan sejak 19 Oktober 2020, menggantikan posisi Dwi Astutiningsih yang digantikan lantaran berhenti setelah mencalonkan diri sebagai Bupati Blora pada pemilihan bupati 2020. Dengan demikian, dalam kurun periode 2019-2024 ini, daerah pemilihan 1 Fraksi PDIP DPRD Blora telah 2 kali mengalami pergantian. Pertama, Dwi Astutiningsih digantikan Kartini, dan kedua, Kartini digantikan Waloyojati.

Sementara untuk daerah pemilihan 2, fraksi yang sama telah mengalami satu kali pergantian, yang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatannya dilakukan berbarengan dengan almarhumah Kartini. Lusiyono, anggota yang dilantik pada 19 Oktober 2020 menggantikan posisi Tri Yuli Setyowati yang maju dalam pencalonan Bupati-Wakil Bupati Blora pada Pilbup 9 Desember 2020. Mbak Etik, panggilan akrab Tri Yuli Setyowati akhirnya menduduki jabatan Wakil Bupati Blora setelah terpilih dalam pemilihan tersebut.

Menggantikan posisi Setiyadji Setyawidjaja, Darwanto nantinya akan mengisi kekosongan anggota di Komisi C DPRD Blora. "Saya siap melanjutkan tugas dan menyerap aspirasi warga masyarakat di daerah pemilihan 2," katanya usai dilantik. Daerah pemilihan ini meliputi: Kecamatan Kedungtuban, Cepu, dan Sambong.

Sementara Waloyojati akan menggantikan posisi Kartini di Komisi A DPRD Blora. ***