Bamus DPRD jadwalkan paripurna persetujuan KUA-PPAS APBD 2024

Foto: Gatot Aribowo

Mustofa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora.

Kamis, 27 Juli 2023 18:58 WIB

BLORA (wartablora.com)—Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabupaten Blora menjadwalkan rapat paripurna persetujuan dan kesepakatan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Blora tahun anggaran 2024 pada Sabtu akhir pekan ini. Penjadwalan ini dikeluarkan setelah Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Blora dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melangsungkan beberapa kali rapat membahas KUA-PPAS tahun anggaran 2024. Penjadwalan disepakati saat Bamus dan Banggar DPRD Kabupaten Blora menggelar rapat, Kamis, 27 Juli 2023.

"Rencananya Sabtu ini kita gelar paripurna untuk KUA-PPAS tahun anggaran 2024," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora Mustofa di ruangannya usai mengikuti rapat Bamus dan Banggar.

Nantinya setelah KUA-PPAS tahun anggaran 2024 disepakati dan mendapat persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Blora dan Pemerintah Kabupaten Blora sebagai legislatif dan ekskutif Pemerintahan Kabupaten Blora, akan dibahas di masing-masing komisi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menjadi rancangan peraturan daerah APBD 2024.

Pembahasan APBD 2024 ini mendahului pembahasan perubahan APBD 2023. Rencananya, pembahasan perubahan setelah persetujuan KUA-PPAS APBD 2024 selesai.

"Rencananya KUA-PPAS perubahan 2023 diserahkan Pemkab setelah KUA-PPAS tahun 2024 ditetapkan. Apakah nantinya di bulan Agustus, kita menunggu dari Pemkab," lanjutnya.

Tahun sebelumnya, pembahasan APBD reguler tahun anggaran berikutnya dan pembahasan APBD perubahan tahun anggaran berjalan dilakukan bersamaan. Bahkan, paripurna KUA-PPAS reguler tahun anggaran 2023 dibarengkan dengan paripurna KUA-PPAS perubahan tahun anggaran 2023. Meski KUA-PPAS tahun reguler dan perubahan tahun berjalan diparipurnakan berbarengan, pembahasan APBD perubahan tahun berjalan biasanya akan  selesai sebelum habis bulan September. Sementara untuk APBD reguler tahun berikutnya akan selesai sebelum habis bulan November.