BERITA Seremoni

Peringati Harkitnas 110, Pemkab Blora Gelar Upacara dan Ziarah Bersama

Rabu Wage - 18 Juli 2018 | 09:19 bbwi
Foto: Haryanto

Sekda Kabupaten Blora Drs. Bondan Sukarno MM melakukan tabur bunga dalam rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

BLORA (wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora pada hari Senin (21/5/2018), melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 110 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2018 kemarin.

Bertempat di halaman Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora, Bupati Djoko Nugroho secara langsung bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat, TNI, Polri, ASN, Mahasiswa, Pelajar dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Usai pengibaran bendera, dalam amanatnya Bupati membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, yang diantaranya mengingatkan kembali semangat juang kebangkitan Bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

“Lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama: kemerdekaan bangsa,” ucap Bupati.

“Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan. Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan,” lanjut Bupati.

“Saudari-saudara sebangsa dan setanah-air, Bung Karno juga menggambarkan persatuan bangsa seperti layaknya sapu lidi. Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat?,” tegas Bupati.

Gambaran tersebut menurutnya aktual sekali pada masa sekarang ini. Saat ini bangsa Indonesia merasakan bahwa ada kekuatan-kekuatan yang berusaha merenggangkan ikatan sapu lidi NKRI.

“Kita disuguhi hasutan-hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut. Padahal inilah masa yang sangat menentukan bagi kita. Inilah era yang menuntut kita untuk tidak buang-buang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Momentum sekarang ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia,” terang Bupati.

Mengenai tema Hari Kebangkitan Nasional 2018 “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL” Bupati mengingatkan masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial sebagai makna kebangkitan teknologi informasi dan komunikasi.

Di akhir upacara, Bupati Djoko Nugroho memberikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim dan mempersilahkan seluruh umat agama lainnya untuk tetap beribadah sesuai ajaran masing-masing.

“Selamat berpuasa untuk saudara-saudara ku umat muslim. Bagi yang Kristen, Katholik dan lainnya, silahkan beribadah seperti biasanya. TNI dan Polri siap memberikan pelayanan dan pengamanan kepada semuanya,” pungkasnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan ziarah bersama dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wira Bhakti Blora yang dipimpin oleh Sekda Drs. Bondan Sukarno MM dan diikuti perwakilan OPD, TNI, Polri, Mahasiswa dan Pelajar.

“Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan bangsa yang telah gugur. Selain itu juga untuk menanamkan nilai nilai nasionalisme kepada generasi muda yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” ujar Sekda Drs. Bondan Sukarno MM. (*)


KOTAK KOMENTAR

Seremoni Lainnya 

on wartablora.com 

News / Hukum & Kriminal
4 Dalang Pembakar Mobil Perhutani Ditangkap

Kapolres: Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

Selasa Pon - 21 Agustus 2018 - 13:27
Budaya / Even
International Gamelan Festival (IGF) Solo 2018

Kemendikbud Ajak Peserta Anjangsana ke Blora

Rabu Pahing - 15 Agustus 2018 - 16:18
Pendidikan / Peristiwa

Siswanto Sebar 999 Amplop THR

Selasa Pon - 12 Juni 2018 - 20:34
News / Hukum & Kriminal
Pergantian Jabatan di Jajaran Polres Blora

Wakapolres, Kasatlantas dan 3 Kapolsek Diganti

Minggu Wage - 03 Juni 2018 - 19:55
Budaya / Even
Rangkaian Hari Pancasila di Sedulur Sikep Klopoduwur

Dari Buka Bersama Hingga Ritual

Jumat Pahing - 01 Juni 2018 - 19:11