BERITA Pemerintahan

Dua Hari Jelang Penutupan, Tak Satupun OPD yang Daftar Krenova

Pewarta : Gatot Aribowo

Rabu Kliwon - 25 April 2018 | 17:05 bbwi
Foto: Dok.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi penjaringan kreativitas dan inovasi (krenova) tingkat organisasi perangkat daerah, Rabu (28/3/2018).

BLORA (wartablora.com)—Hingga 2 hari jelang penutupan Jumat (27/4/2018), belum ada satupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan usulan hasil kreativitas dan inovasi mereka dalam pembenahan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik. Padahal sosialisasi lomba kreativitas dan inovasi (lebih dikenal dengan lomba krenova) kepada setidaknya 52 OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Blora telah dilakukan sejak hampir sebulan lalu.

Kepala bidang Litbang dan Perencanaan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora, Yayuk Windrati menyatakan, pihaknya telah mengumumkan adanya lomba ini dalam sosialisasi krenova OPD pada Rabu (28/3/2018).

"Ini sudah hampir sebulan lalu kita umumkan agar OPD yang telah memiliki sistem atau telah membuat inovasi dalam pengelolaan tata pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik untuk mengikuti lomba krenova yang kami adakan. Tapi hingga hari ini (Rabu, 25/4/2018) belum ada satupun yang mendaftar," cetusnya di sela-sela penilaian lomba krenova tingkat umum pada Rabu.

Pengajuan usulan krenova sendiri akan ditutup pada Jumat pekan ini, dengan penyertaan proposal yang akan ditunggu hingga Senin pekan depan.

"Kami berharap jelang penutupan pada Jumat ini ada OPD yang mau mengikuti lomba ini. Sebab kalau tidak ada yang mendaftar dengan sedikitnya 5 OPD, apa yang akan kita lombakan," keluhnya.

Krenova OPD ini, kata Yayuk, memang baru pertama digelar di pemerintahan Kabupaten Blora. Sebelumnya krenova lebih banyak menyasar pada masyakat umum.

"Jadi di tahun ini sebetulnya kita punya 2 lomba krenova, yaitu krenova umum yang saat ini tengah dilakukan penilaian, dan ada 26 hasil karya yang diajukan. Serta satunya ada krenova untuk OPD, yang mana kami berharap masing-masing OPD dapat terpacu untuk meningkatkan pelayanan publik dan membenahi tata laksana dan tata kelola pemerintahan," paparnya.

Disebutkannya, ada salah satu OPD yang sebetulnya ingin mengajukan usulan inovasi yang telah mereka lakukan.

"Tapi katanya mereka ragu, ini inovasi atau bukan. Setelah kita cek, itu termasuk salah satu inovasi. Jadi kita berharap untuk segera diajukan untuk dilombakan," katanya.

Semestinya, imbuh Yayuk, OPD yang benar-benar ingin meningkatkan pelayanan publik dapat mendatangi Bappeda untuk mencari informasi tentang lomba ini.

"Kami sebetulnya sudah jemput bola dengan menggelar sosialisasi. Selanjutnya bola ada di teman-teman OPD untuk mendatangi kami guna konsultasi lebih jauh tentang lomba krenova ini. Misalkan OPD yang telah memiliki sistem inovasi dalam peningkatan pelayanan publik tapi tidak tahu apakah itu inovasi atau bukan, bisa datang kepada kami berkonsultasi," jelasnya.

Lomba krenova OPD ini rencananya akan mengambil 3 terbaik untuk dijadikan pemenang.

"Ini mumpung masih ada waktu, kami harap OPD bisa mendaftar," imbuhnya. (*)


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Pemerintahan Lainnya 

on wartablora.com 

Olahraga / Voli

Peduli Generasi Muda, Siswanto Gelar Voli U-19

Selasa Legi - 23 Oktober 2018 - 18:33
News / Wacana

Butuh Rp30 Miliar Untuk Hidupkan Gubug Payung

Rabu Pon - 10 Oktober 2018 - 17:52
Ekonomi & Bisnis / Info Bisnis
Dari Undian Tabungan Bima Bank Jateng

Warga Kedungjenar Blora Dapat Xpander

Rabu Pon - 10 Oktober 2018 - 16:43