BERITA Pemerintahan

Selenggarakan Krenova Tingkat OPD, Pemkab Blora Ingin Tingkatkan Pelayanan Publik

Kamis Pon - 29 Maret 2018 | 19:07 bbwi
Foto: Safrudin

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi penjaringan kreativitas dan inovasi (krenova) tingkat organisasi perangkat daerah, Rabu (28/3/2018).

BLORA (wartablora.com)—Setelah 3 tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Blora sukses menyelenggarakan kreativitas dan inovasi (krenova) untuk masyarakat dan umum, di tahun 2018 ini Pemkab Blora akan menyelenggarakan krenova untuk organisasi perangkat daerah (OPD). Dengan diselenggarakannya krenova OPD ini diharapkan tata laksana pemerintahan dan pelayanan publik dari masing-masing OPD dapat ditingkatkan.

"Ini adalah kali pertama krenova untuk OPD, dengan harapan masing-masing OPD dapat terpacu untuk meningkatkan pelayanan publik dan membenahi tata laksana pemerintahan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora, Sutikno Slamet, usai menggelar sosialisasi krenova tingkat OPD di kantornya, Rabu, 28 Maret 2018.

Krenova ini diharapkan dapat diikuti lebih dari 50 organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintahan Kabupaten Blora. Setiap organisasi perangkat daerah dapat mengajukan usulan aplikasi-aplikasi yang telah dimilikinya untuk dilakukan penilaian oleh tim juri.

"Juri kita ambilkan dari akademisi, kemudian dari LSM dan media, juga dari tokoh masyarakat, serta dari birokrat," sebut Kepala Bappeda.

Penilaian meliputi kemanfaatan dari aplikasi yang dimiliki oleh masing-masing organisasi perangkat daerah dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Sistem ataupun aplikasi yang diusulkan untuk ikut dalam krenova tingkat OPD setidaknya telah diaplikasikan dan dijalankan selama 6 bulan," lanjutnya.

Pengusulan krenova diajukan paling lambat 27 April 2018, dilanjutkan dengan pengajuan proposal hingga akhir April 2018.

"Penilaian meliputi administrasi, setelah lolos baru dilakukan penilaian secara tertutup oleh tim juri."

Selain penilaian oleh tim juri, Bappeda Kabupaten Blora selaku penyelenggara akan melakukan penilaian dengan mendatangi organisasi peserta secara diam-diam.

"Jadi kita memang tidak main-main untuk benar-benar membenahi tata laksana pemerintahan dan pelayanan publik yang dilakukan OPD dengan menyelenggarakan krenova ini. Kami akan mengecek, tentunya dengan diam-diam mendatangi OPD yang mengajukan usulan untuk ikut dalam krenova ini," papar mantan Sekda Kabupaten Blora ini.

Untuk pengumuman pemenangnya, Bappeda Kabupaten Blora menargetkan bertepatan dengan 17 Agustus 2018.

"Kita akan memilih 3 OPD terbaik untuk kreativitas dan inovasinya dalam membenahi tata laksana pemerintahan dan meningkatkan pelayanan publik," pungkasnya. (*)


KOTAK KOMENTAR

Pemerintahan Lainnya