BERITA Peristiwa

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun

Kasatlantas: Giat Operasi Kami Ada Manfaatnya

Pewarta : Gatot Aribowo

Sabtu Wage - 30 Desember 2017 | 15:05 bbwi
Foto: Gatot Aribowo

Ipda Zaenul Arifin, Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas di Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Blora.

BLORA (wartablora.com)—Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer melalui Kanit Laka Ipda Zainul Arifin mengatakan, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2017 menjadi bukti kegiatan operasi yang digalakkan Satuan Lalu Lintas Polres Blora ada manfaatnya. Dibandingkan tahun 2016, angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan hingga lebih 20 persen.

"Angka kecelakaan lalu lintas di tahun 2017, hingga tercatat terakhir pada 28 Desember mengalami penurunan. Di tahun 2016, angka kecelakaan lalu lintas tercatat ada 507 peristiwa. Setelah Bu Kasat (AKP Febriyani Aer) sepanjang 2017 memprogramkan giat operasi dan patroli, angka kecelakaan turun menjadi 383 peristiwa hingga 3 hari jelang pergantian tahun," jelas Ipda Zaenul Arifin.

Turunnya angka peristiwa ini diyakini disebabkan kegiatan operasi yang gencar dilakukan Satlantas Polres Blora. Hal ini juga terbukti dari lebih rendahnya angka peristiwa kecelakaan lalu lintas di banding 2015 yang tercatat 453 peristiwa.

"Kita gencar melakukan kegiatan operasi (lalu lintas). Kita ada operasi di pagi hari, kemudian siang hari, dan malamnya dilanjutkan dengan patroli," sebut Ipda Zaenul Arifin.

Dengan menurunnya angka peristiwa kecelakaan lalu lintas, otomatis korban dan kerugian juga mengalami penurunan dibanding satu tahun sebelumnya.

"Di tahun 2017, dari jumlah peristiwa 383 ini menyebabkan korban meninggal dunia tercatat 78 orang dalam 66 peristiwa kecelakaan lalu lintas," ungkap Kanit Laka.

Angka korban meninggal dunia di tahun ini cukup jauh di bawah angka korban yang sama di tahun 2016 dan 2015. Di tahun 2015, dengan angka peristiwa 453 kecelakaan lalu lintas mengakibatkan jumlah korban meninggal lewat dari 100 orang. Sementara di tahun 2016, meskipun angka peristiwanya naik namun jumlah korban meninggal turun menjadi 92 orang.

"Untuk korban luka berat di tahun 2017 tercatat ada 18 orang, dan luka ringan tercatat 517 orang."

Imbauan Jelang Tahun Baru

Angka kecelakaan lalu lintas dan korban dari akibat peristiwa-peristiwa itu tercatat terakhir pada 28 Desember. Angka ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Namun diharapkan angka tersebut tidak berubah hingga perubahan tahun.

"Karena itu kami mengimbau agar nanti di malam jelang pergantian tahun dan sesudahnya di dinihari, para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya saat berkendara," imbau Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer melalui Kanit Laka Ipda Zainul Arifin.

Di malam perayaan pergantian tahun, kata Kanit Laka, dipastikan lalu lintas akan padat. Warga akan turun ke jalan, dan sebagian dipastikan akan merayakannya sambil berlalu-lalang dengan kendaraannya.

"Maka untuk terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan tidak menambah daftar korban, para pengendara sebaiknya selalu waspada, baik itu saat membelok, menyeberang, maupun menyalip. Karena kebanyakan peristiwa kecelakaan lalu lintas bermula dari sini," imbaunya lagi.

Selain itu, imbuhnya, saat berkendara melintas di persimpangan, "Kurangi kecepatan!" (*)


KOTAK KOMENTAR

Peristiwa Lainnya 

on wartablora.com 

News / Seremoni

9 Kapolsek Dirotasi

Selasa Legi - 16 Januari 2018 - 20:07
News / Seremoni
Sosialisasi DIPA Polres

Kapolres: Jangan Bermain-main dengan Anggaran

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 20:06
News / Hukum & Kriminal

Lagi, Polisi Ungkap Perkara Sabu

Kamis Wage - 04 Januari 2018 - 17:42