BERITA Seremoni

Kenalkan Proses Seleksi Kepolisian, Polres Blora Adakan Binlat

Minggu Legi - 17 Desember 2017 | 19:51 bbwi
Foto: Ixzan Assory

Kabag Sumda Polres Blora Kompol Rubiyanto Darmowidjojo di tengah-tengah pelajar SMA yang antusias mengikuti pembinaan dan pelatihan di Mapolres Blora, Minggu (17/12/2017).

BLORA (wartablora.com)—Sebagai upaya dalam memperkenalkan mekanisme proses seleksi masuk kepolisian, Polres Blora menggelar pembinaan dan pelatian (binlat) untuk pelajar setingkat SMA, Minggu, 17 Desember 2017. Binlat yang digelar di aula Aryaguna Mapolres Blora ini diikuti tak kurang 76 anak SMA yang ada di Kabupaten Blora.

Kabag Sumda Polres Blora Kompol Rubiyanto Darmowidjojo mengatakan, selain memperkenalkan mekanisme proses seleksi, "Binlat ini juga untuk monitoring kualitas kecerdasan para calon anggota Polri," katanya.

Binlat ini juga diisi dengan kisi-kisi ujian Akademik calon anggota Polri.

"Untuk memberikan hasil maksimal," kata Kompol Rubiyanto, "kami di Bagian Sumber Daya (Bag Sumda) Polres Blora melibatkan tim Pesikotes dan Akademik dari Bagian Sumberdaya Manusia Polres Blora sendiri."

Sebelum mengerjakan soal tes  akademik, peserta terlebih dulu diberikan pembinaan dan arahan oleh Tim Akademik Polres Blora. Arahan diberikan terkait teknis pengerjaan soal tes akademik dan jenis tes yang harus dikerjakan.

“Binlat Akademik ini diselenggarakan untuk mempermudah para calon anggota Polri yang nantinya akan mendaftar. Dari sini (binlat) mereka mengetahui tingkat kercerdasannya masing-masing, dengan harapan jika ada kekurangan maka harus segera dibenahi dan harus belajar lebih giat lagi,” jelas Kompol Rubiyanto.

“Dalam pelaksanaan tes akademik ini, seharusnya ada 94 peserta yang mengikuti. Namun 18 peserta berhalangan hadir karena ada halangan,” jelas Kabag Sumda.

Para peserta tes akademik mengerjakan sejumlah soal yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum. Masing-masing materi diberikan waktu selama 90 menit untuk mengerjakan.

“Tes akademik ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan akademik para peserta binlat. Sehingga akan terlihat kemampuan akademik mereka sebagai bekal untuk mengikuti seleksi penerimaan polri tahun 2018 yang akan datang,” pungkasnya. (*)


KOTAK KOMENTAR

Seremoni Lainnya 

on wartablora.com 

News / Peristiwa

Kapolres Kembali Ingatkan Netralitas Anggota

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:14
News / Peristiwa

Cegah Difteri, Anggota Polres Divaksin

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:04
News / Peristiwa

Diduga Korsleting di Aki, Jazz Bidan Pule Terbakar

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 19:23
News / Hukum & Kriminal

Lagi, Polisi Ungkap Perkara Sabu

Kamis Wage - 04 Januari 2018 - 17:42
News / Peristiwa

Cek Rumah Makan Pakai Gas Bersubsidi, Polisi Gelar Razia

Selasa Pahing - 02 Januari 2018 - 17:27