BERITA Peristiwa

Dorong Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu

Panwaskab Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Pewarta : Gatot Aribowo

Kamis Legi - 02 Nopember 2017 | 16:33 bbwi
Foto: Gatot Aribowo

Ketua Panwas Kabupaten Blora Lulus Mariyonan menyampaikan sosilaisasi pengawasan partisipatif dari masyarakat, yang diikuti salah satunya dari anak-anak sekolah yang usianya masuk dalam kriteria sebagai pemilih. Sosialisasi ini diadakan di Hotel Al-Madina pada Kamis (2/11/2017), yang juga menghadirkan Urip Daryanto sebagai pembicara dari unsur pers.

BLORA (wartablora.com)—Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi pengawasan partisipatif di Hotel Al-Madina Blora, Kamis, 2 November 2017. Sosialisasi dilakukan sebagai persiapan untuk perhelatan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan berlangsung tahun depan, selain juga untuk perhelatan pemilihan umum berikutnya. Sosialisasi ini diberikan kepada masyarakat dari berbagai komponen, termasuk juga dari unsur pemerintah. Diharapkan dari sosialisasi ini akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam pengawasan pemilu.

Ketua Panwas Kabupaten Blora Lulus Mariyonan mengatakan, partisipasi masyarakat merupakan strategi pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu. "Baik itu pelanggaran di masa sebelum kampanye atau di masa kampanye," katanya.

Dikatakannya, pengawasan Pemilu diperlukan sebagai salah satu faktor untuk menghasilkan proses pemilihan calon pemimpin atau calon wakil rakyat yang berkualitas. "Karena salah satu prasyarat untuk dikatakan sebagai Pemilu yang berkualitas adalah penyelenggara Pemilu yang netral dan profesional. Nah, di pengawasan inilah kita ingin memastikan jika penyelenggaraannya benar-benar netral dan profesional," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pengawasan Pemilu juga ingin memastikan terselenggaranya Pemilu bisa benar-benar jujur dan adil, serta sungguh-sungguh mematuhi peraturan perundang-undangan mengenai Pemilu secara menyeluruh. "Tujuan lainnya adalah mewujudkan Pemilu yang demokratis, dan tegaknya integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan, dan akuntabilitas hasil Pemilu."

Tentunya, imbuh Lulus, dengan area medan yang luas, petugas di Panwas membutuhkan peran serta masyarakat dalam turut mengawasi jalannya Pemilu seperti yang diharapkan.

Sosialisasi ini diikuti dari unsur pendidikan, LSM, organisasi-organisasi keagamaan, organisasi-organisasi kepemudaan, dan juga dari unsur pers. Urip Daryanto, salah satu pembicara dari unsur pers dalam sosialisasi tersebut mengatakan, dalam pengawasan Pemilu Panwas tak bisa lepas dari peran serta media. Karena itu ia berharap ada upaya dari Panwaskab Blora untuk menyamakan persepsi dengan media-media pers di Blora, khususnya media lokal.

"Sebab salah satu prioritas Bawaslu adalah mengutamakan strategi pencegahan untuk meminimalisir pelanggaran. Di sinilah peran pers sangat besar untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam turut mencegah terjadinya pelanggaran," kata Urip yang juga Pemred wartablora.com ini. (*)


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Peristiwa Lainnya 

on wartablora.com 

Metro Cepu / Peristiwa
Jalan Keadilan Buat Korban Penggusuran Balun Cepu (Bagian 3)

Upaya Memperjuangkan Kompensasi

Selasa Pon - 14 Nopember 2017 - 21:05
Ekonomi & Bisnis / Info Bisnis
Undian Tabungan BPR BKK Blora

Warga Kedungtuban Raih Daihatsu Zigra

Rabu Pahing - 08 Nopember 2017 - 19:34
News / Hukum & Kriminal
Jalan Keadilan Buat Ngasiran, Pencuri Kayu Jati

Benarkah Ada Rekayasa Perkara Hukum?

Kamis Legi - 02 Nopember 2017 - 17:16
Berita Foto / Pendidikan

Pameran Buku di GOR Mustika

Rabu Kliwon - 01 Nopember 2017 - 13:13
News / Jawa Tengah
Peringati Sumpah Pemuda

Korem 071/Wijayakusuma Putar Film Merah Putih Memanggil

Senin Pon - 30 Oktober 2017 - 19:55
Pertanian / Peristiwa
Paket Penjualan Pupuk Bersubsidi

Bupati: Monggo Sosialisasikan, Tapi Jangan Paksa Beli

Senin Pon - 30 Oktober 2017 - 17:40