BERITA Politik

Pendaftaran Verifikasi Partai

Molor, PKB Ritual Dulu Sebelum ke KPUD

Pewarta : Gatot Aribowo

Selasa Kliwon - 17 Oktober 2017 | 01:53 bbwi
Foto: Gatot Aribowo

Ketua DPC Kabupaten Blora Abdul Hakim menyerahkan bendel berkas keanggotaan kepada Ketua KPUD Kabupaten Blora Arifin, yang mengapit salah satunya Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Senin (16/10/2017).

BLORA (wartablora.com)—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPC Kabupaten Blora memasukkan berkas pendaftaran verifikasi partai politik 1 jam jelang penutupan, Senin 16 Oktober 2017 jam 23.59. Itu pun jumlah KTP dan KTA selisih jauh dengan angka yang tercatat di Sistem informasi partai politik (Sipol) KPU. Jumlah Sipol tercatat 1.083, sementara KTA yang dibawa sejumlah 991 dan KTP sejumlah 1.018.

Molornya pendaftaran ini dikatakan Ketua DPC Kabupaten Blora Abdul Hakim dikarenakan petinggi PKB melakukan ziarah dulu ke Sunan Pojok.

"Kita ritual dulu, ziarah ke Sunan Pojok berdoa semoga Pemilu lancar dan PKB bisa menambah kursi di DPRD Kabupaten Blora," katanya.

Selama 3 kali pemilihan sejak 2004, perolehan kursi PKB di Kabupaten Blora cenderung tetap, di 5 kursi. Di dua kali pemilu di 2009 dan 2014, PKB hanya mampu mendudukkan 5 orang kadernya sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten Blora.

Sebelumnya, dari rundown pendaftaran PKB ke KPUD Kabupaten Blora yang tersebar di grup WA, diketahui PKB menjadwalkan jam 9 malam menuju ke KPUD Kabupaten Blora usai melakukan ziarah sejak jam 8 malam. Namun baru 2 jam kemudian rombongan PKB yang di dalamnya turut serta Arief Rohman yang sekarang menjabat Wakil Bupati Blora, tiba.

"Tadi bukan kekurangan (jumlah berkas KTA dan KTP) tapi kita masih menata tumpukkan KTP dan KTA. Baru selesai jam 22.30," kata Abdul Hakim.

PKB tiba dengan rombongannya berjumlah lebih belasan orang tepat jam 23.00 wib. Setelah diserahkan kepada Ketua KPUD Kabupaten Blora Arifin, berkas lalu dihitung dan dibendel. Penghitungan ini terbilang lama. Pasalnya meskipun sudah ditata hingga setengah jam sebelum diserahkan, masih belum teratur pengelompokkannya. KTP dan KTA pun tak dipasangkan tapi disusun per KTP sendiri, dan per KTA sendiri.

Petugas KPUD pun jadi kerepotan. Penghitungan ulang bahkan sempat dilakukan setelah 40 menit sejak diserahkan. Penghitungan pun akhirnya dituntasi 15 menit sebelum pas tengah malam. Itu pun masalah belum selesai. Dengan batas waktu 15 menit, PKB harus mencetak tambahan KTA sejumlah 92 yang harus dicocokkan kembali dengan identitas di KTP yang ternyata kurang juga sejumlah 65. Dengan mencetak tambahan KTA dan mengumpulkan KTP lagi, jumlah KTP dan KTA akan sama dengan angka 1.083 yang ada di Sipol.

"Kami memberikan waktu satu kali 24 jam sejak jam 23.59 tanggal 16 Oktober 2017. Jadi akan kami tunggu hingga 17 Oktober 2017 jam 23.59," kata Anggota KPUD Kabupaten Blora M. Hamdun.

Toleransi ini diberikan KPUD bagi yang datang ke KPUD Kabupaten Blora sebelum jam 23.59 tanggal 16 Oktober 2017. Toleransi tidak diberikan pada Partai Bulan Bintang (PBB) yang datang lewat jam.

"Iya tadi kami tolak," Hamdun membenarkan adanya informasi kedatangan pengurus kabupaten partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu.

Jika nantinya, Hamdun melanjutkan kembali, lewat batas waktu PKB tidak menambah berkas keanggotaan, maka KPU akan menggunakan angka terendah—KTA sejumlah 991—untuk memulai tahap verifikasi.

Dengan diterimanya PKB untuk didaftarkan verifikasi partai, maka di Kabupaten Blora kini telah ada 12 partai, termasuk Partai Garuda (Gerakan Perubahan Indonesia). Partai pendatang baru yang diketuai Ahmad Ridha Sabana ini memasukkan berkas keanggotaan ke KPUD Kabupaten Blora pukul 5 sore.

Apakah 12 partai, 2 diantaranya partai baru: Partai Perindo dan Partai Garuda, akan memiliki hak untuk dipilih sebagai peserta Pemilu 2019, KPU kata Hamdun akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

"Kecuali verifikasi administrasi, partai lama apakah akan turut diverifikasi faktual juga tergantung pada putusan MK. Kalau partai baru pastinya akan diverifikasi faktual," kata Ketua KPUD Kabupaten Blora Arifin. (*)


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Politik Lainnya 

on wartablora.com 

Metro Cepu / Peristiwa
Jalan Keadilan Buat Korban Penggusuran Balun Cepu (Bagian 3)

Upaya Memperjuangkan Kompensasi

Selasa Pon - 14 Nopember 2017 - 21:05
News / Peristiwa
Kabar Tak Sedap Pengisian Perangkat Desa

Fraksi PKS di DPRD: Jangan Mudah Teperdaya

Kamis Pon - 09 Nopember 2017 - 17:09
Ekonomi & Bisnis / Info Bisnis
Undian Tabungan BPR BKK Blora

Warga Kedungtuban Raih Daihatsu Zigra

Rabu Pahing - 08 Nopember 2017 - 19:34
News / Hukum & Kriminal
Jalan Keadilan Buat Ngasiran, Pencuri Kayu Jati

Benarkah Ada Rekayasa Perkara Hukum?

Kamis Legi - 02 Nopember 2017 - 17:16
News / Peristiwa
Dorong Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu

Panwaskab Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Kamis Legi - 02 Nopember 2017 - 15:44