BERITA Politik

Tahapan Pemilu 2019 Dimulai

Baru 7 Partai Mendaftar di Blora

Pewarta : Gatot Aribowo

Minggu Pon - 15 Oktober 2017 | 17:27 bbwi
Foto: Gatot Aribowo

Pawai Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) saat mendaftarkan keanggotaan dari penduduk yang KTP-nya didaftarkan ke partai politik, Sabtu (14/10/2017).

BLORA (wartablora.com)—Hingga Minggu siang, 15 Oktober 2017, baru 7 partai politik yang mendaftar di KPUD Kabupaten Blora. Dari 7 parpol yang mendaftar, hanya Hanura yang berkas pendaftaran dikembalikan. Berkas ini adalah daftar anggota partai politik di Kabupaten Blora.

Dari berkas daftar keanggotaan partai politik, ada sebanyak 8.844 penduduk yang KTP-nya didaftarkan menjadi anggota partai politik. Dari sebanyak ini, mereka tersebar di 7 partai politik dengan penduduk terbanyak yang mengumpulkan KTP-nya diraih Partai Perindo. Partai besutan taipan pemilik perusahaan media MNC Grup ini mengumpulkan penduduk sebanyak 1.895 di Kabupaten Blora untuk didaftarkan sebagai anggota partai Perindo.

"Partai ini memasukkan berkas yang paling awal. Tapi saat itu kita kembalikan, lalu dimasukkan lagi beberapa hari lalu," kata Arifin, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Blora, Minggu.

Partai milik Hary Tanoe mendaftar pada Senin, 9 Oktober 2017. Daftar keanggotaan diberkaskan dalam dokumen setebal lebih 3 sentimeter. Jumlah anggota dalam berkas ini nantinya akan dicocokkan dengan jumlah yang dimasukkan dalam sistem informasi partai politik yang menggunakan komputerisasi.

"Kita jadwalnya hingga besok (16 Oktober 2017) adalah pemberkasan. Kita terima hingga pukul tengah malam. Jadi masih kita tunggu," kata Arifin.

Setelah diberkas, dan cocok dengan jumlah yang dicatat di sistem komputer, barulah KPU, kata Hamdun, Anggota KPUD Kabupaten Blora, akan melakukan pengecekan satu per satu. Untuk memudahkan pengecekan, Hamdun berharap partai politik mengumpulkan berkas keanggotaannya sesuai dengan kecamatan masing-masing. Berkas yang dimasukkan ini adalah Kartu Anggota masing-masing partai politik dan fotocopy KTP dari anggota tersebut.

"Untuk memudahkan, sebenarnya jangan dibendel jadi satu. Kalau bisa per desa, atau kalau tidak ya per kecamatan. Soalnya nanti akan kita cek satu per satu. Ini untuk mempercepat pekerjaan sehingga diharapkan kerja samanya dari partai politik," katanya.

Setelah itu nantinya akan ada pengecekan fisik dari keanggotaan. (*)


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Politik Lainnya 

on wartablora.com 

News / Peristiwa

Kapolres Kembali Ingatkan Netralitas Anggota

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:14
News / Peristiwa

Cegah Difteri, Anggota Polres Divaksin

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:04
News / Seremoni

9 Kapolsek Dirotasi

Selasa Legi - 16 Januari 2018 - 20:07
News / Seremoni
Sosialisasi DIPA Polres

Kapolres: Jangan Bermain-main dengan Anggaran

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 20:06
News / Peristiwa

Diduga Korsleting di Aki, Jazz Bidan Pule Terbakar

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 19:23