BERITA Peristiwa 1697
Views

3 Polisi Tewas Dalam Penembakan di Lapangan Minyak Trembul

Pewarta : Gatot Aribowo

Rabu Wage - 11 Oktober 2017 | 05:43 bbwi
Foto: Gatot Aribowo

Evakuasi jenazah dari area sumur minyak SGT-01 yang dikelola PT Sarana Gas Trembul, Rabu dinihari (11/10/2017).

BLORA (wartablora.com)—Dua polisi meninggal dan satu polisi bunuh diri dalam peristiwa penembakan yang terjadi di lapangan minyak Trembul yang dikelola PT Sarana Gas Trembul, Selasa malam (10/10/2017). Belum jelas, apa penyebab dari peristiwa ini. Hingga Rabu subuh, 11 Oktober 2017, belum ada keterangan resmi dari kepolisian. Wartawan yang menunggu keterangan resmi dari otoritas kepolisian di lokasi kejadian pun kecele.

Dari informasi yang tersebar di grup-grup Whatsapp, penyebab kejadian penembakan ini akibat selisih paham.  Dipastikan, 3 anggota kepolisian yang tugas pengamanan di lapangan minyak tersebut meninggal, dengan satunya bunuh diri setelah menembak dua lainnya. Sementara waktu kejadian dari informasi yang tersebar, terjadi jam 18.30, sehabis maghrib.

Mereka yang meninggal ditembak adalah, Budi Wibowo dan Ahmad Supriyanto. Mereka berdua, dari informasi yang beredar di grup-grup Whatsapp, berpangkat brigadir. Sementara yang menembak adalah Brigadir Kepala Bambang Tejo. Setelah menembak dua rekannya, Brigadir Kepala Bambang Tejo bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.

Dari foto yang beredar, Bambang Tejo mengenakan seragam kepolisian dengan sepatu bot warna kuning. Sementara dua rekan yang ia tembak, satunya bercelana pendek dengan telanjang dada, dan satunya mengenakan sarung dengan berkaos coklat. Posisi yang bercelana pendek terlentang, sementara yang bersarung menungging. Diduga, yang bersarung baru selesai menunaikan sholat.

Hingga kurang lebih 3 jam, posisi ketiga polisi yang meninggal tersebut masih belum dievakuasi. Petugas melingkari lokasi kejadian dengan membentangkan garis polisi. Wartawan pun tidak diijinkan mendekat, meskipun sejauh 100 meter dari lokasi penembakan. Wartawan yang sempat berada di sejauh 100 meter, pun diusir untuk keluar dari area lapangan sumur minyak SGT-01, atau sejauh 500 meter dari lokasi sumur.

Masih dari informasi yang tersebar di grup-grup Whatsapp, hasil olah TKP sementara menyebutkan, rentetan tembakan menggunakan senjata laras panjang AK 101 terdengar hingga lebih dari 20 kali. Seorang anggota lain yang juga tugas pengamanan di sumur minyak tersebut, Brigadir Slamet, sempat keluar dari kamar mandi setelah mendengar rentetan tembakan itu. Ia bahkan sempat diperintahkan pelaku penembakan untuk meninggalkan area buat menyelamatkan diri.

Seorang warga yang biasa keluar masuk mengantarkan makanan di pos pengamanan sumur minyak tersebut mengatakan, ada 6 anggota Brimob dari Subden 4 Detasemen A Pelopor Brimob Pati. Selain polisi, PT Sarana Gas Trembul juga melibatkan TNI sejumlah 7 anggota—3 dari polisi militer—untuk pos pengamanan di lokasi sumur.

Evakuasi Jam 3 Pagi

Hingga lebih 8 jam setelah kejadian, ketiga jenazah masih disemayamkan di lokasi kejadian. Barulah jam 3 pagi, 3 ambulan keluar dari area sumur. Belum bisa dipastikan, apakah jenazah dibawa ke RSUD Blora ataukah ke Semarang.

Sementara itu, sejauh 500 meter dari lokasi kejadian, polisi memasang tak kurang dari 3 lapis garis polisi. Tak ada yang diijinkan mendekat kecuali aparat kepolisian dan tentara. Wartawan yang sempat meminta keterangan dari Wakapolres Blora Kompol Indriyanto Dian Pornowo, juga tak mendapat jawaban yang memuaskan.

"Nanti ada konferensi pers dari Mabes. Sedang dalam perjalanan," jawabnya singkat.

Hingga lewat tengah malam, belum ada rombongan dari Mabes. Barulah jam satu dinihari, ada rombongan mobil yang masuk. Namun tidak bisa dipastikan apakah rombongan itu dari Mabes Polri atau bukan.

Hingga selesai evakuasi jenazah, tak ada sama sekali keterangan yang didapat wartawan dari pihak otoritas di lokasi kejadian. (*)


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Peristiwa Lainnya 

on wartablora.com 

Metro Cepu / Peristiwa
Jalan Keadilan Buat Korban Penggusuran Balun Cepu (Bagian 3)

Upaya Memperjuangkan Kompensasi

Selasa Pon - 14 Nopember 2017 - 21:05
Ekonomi & Bisnis / Info Bisnis
Undian Tabungan BPR BKK Blora

Warga Kedungtuban Raih Daihatsu Zigra

Rabu Pahing - 08 Nopember 2017 - 19:34
News / Hukum & Kriminal
Jalan Keadilan Buat Ngasiran, Pencuri Kayu Jati

Benarkah Ada Rekayasa Perkara Hukum?

Kamis Legi - 02 Nopember 2017 - 17:16
Berita Foto / Pendidikan

Pameran Buku di GOR Mustika

Rabu Kliwon - 01 Nopember 2017 - 13:13
News / Jawa Tengah
Peringati Sumpah Pemuda

Korem 071/Wijayakusuma Putar Film Merah Putih Memanggil

Senin Pon - 30 Oktober 2017 - 19:55
Pertanian / Peristiwa
Paket Penjualan Pupuk Bersubsidi

Bupati: Monggo Sosialisasikan, Tapi Jangan Paksa Beli

Senin Pon - 30 Oktober 2017 - 17:40