BERITA Nasional

Kompi C Satgas Yonif 410 Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Papua - PNG

Selasa Pon - 05 September 2017 | 15:37 bbwi
Foto: Andi Riri

Tanaman ganja siap panen yang ditemukan oleh Tim gabungan personel Kompi C Satgas Yonif 410/Alugoro di kampung Kalilapar, Keerom/Pendam.

KEEROM (wartablora.com)—Tim  gabungan personel Kompi C Satgas Yonif 410/Alugoro menemukan ladang ganja siap panen di kawasan lereng hutan antara Kampung Kalilapar dan Kampung Umbapuy, Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG), Minggu (3/9) lalu.

Dalam rilisnya, Selasa (5/9) penemuan ladang ganja ini tanpa disengaja oleh prajurit yang sedang melaksanakan patroli keamanan disekitar  Pos Kalilapar. Patroli sendiri dipimpin langsung oleh Danki C Satgas Lettu Inf Sarimin Syaiful serta Dan Pos Kalilapar Lettu Inf M Ikhsan beserta sepuluh orang anggotanya.

Dari lokasi tersebut ditemukan kurang lebih 40 batang tanaman ganja setinggi rata-rata 150 cm.

Penemuan ini berawal saat prajurit melintasi hutan belantara dengan sangat melelahkan, tiba tiba mereka mencurigai adanya lokasi areal lereng bukit yang gundul. Tim patroli mendekati lokasi ini dengan sangat hati-hati dan penuh waspada. Setelah sampai di lokasi tim mengamati secara cermat keseluruh areal ini, tim sangat terkejut ternyata banyak dtemukan tanaman ganja setinggi rata-rata 150 cm dan siap panen. Kemudian semua tanaman ganja ini di cabut dan dibawa ke Pos Kalilapar untuk diamankan, selanjutnya di serahkan ke Kolakops Korem 172/PWY sebagai barang bukti.

Danki C Lettu Inf Sarimin Syaiful menuturkan, ladang ganja yang siap panen ini belum diketahui siapa pemiliknya. “Sebagaimana kita ketahui, lokasi ini berada di antara Kp Kalilapar dan Kp Umbapuy, nanti kita cari tahu siapa pemilik ladang ganja ini” tuturnya.

Untuk manjangkau lokasi ini, kata Sarimin, memang cukup berat dan jauh dari jalan raya dengan medan yang sulit.

“Kita harus menyeberangi beberapa sungai dan menulusuri lereng gunung serta menembus lebatnya hutan belantara. Pemilik ladang ganja ini nampaknya sengaja memilih tempat yang jauh dari pemukiman/perkampungan supaya tidak terdeteksi oleh siapapun, terutama pihak keamanan, yang bersangkutan menebang pohon-pohon di sekitar lereng bukit yang subur ini untuk dijadikan areal ladang ganja,” bebernya.

“Kedepannya kita akan selalu rutin mengadakan patroli kemanan seperti ini” tambah Danpos Kalilapar Lettu Inf M Ikhsan

Penemuan ladang ganja di wilayah perbatasan oleh prajurit TNI adalah untuk kesekian kalinya. Memang di sepanjang wilayah perbatasan Papua ini memang sangat rentan terhadap penanaman ganja, karena selain kondisi tanah yang sangat subur, juga didukung dengan kondisi cuaca yang sangat sejuk dan sering turun hujan. Apalagi  ganja yang berasal dari PNG itu, kabarnya memiliki kualitas yang bagus sehingga banyak diminati. Dari hasil penanaman ganja ini hasilnya sangat menggiurkan bagi siapa saja. (*)

Laporan : Andi Riri


KATA KUNCI
KOTAK KOMENTAR

Nasional Lainnya 

on wartablora.com 

Pendidikan / Peristiwa

Siswanto Sebar 999 Amplop THR

Selasa Pon - 12 Juni 2018 - 20:34
News / Hukum & Kriminal
Pergantian Jabatan di Jajaran Polres Blora

Wakapolres, Kasatlantas dan 3 Kapolsek Diganti

Minggu Wage - 03 Juni 2018 - 19:55
Budaya / Even
Rangkaian Hari Pancasila di Sedulur Sikep Klopoduwur

Dari Buka Bersama Hingga Ritual

Jumat Pahing - 01 Juni 2018 - 19:11
News / Seremoni

Polres Blora Gelar Donor Darah

Selasa Kliwon - 15 Mei 2018 - 18:44