BERITA Pemerintahan 2848
Views

Kesepahaman Pemkab Blora dan UGM

Dari KKN hingga Kerjasama Pengembangan Pertanian dan Peternakan

Senin Wage - 20 Maret 2017 | 20:19 bbwi
Foto: Istimewa

Bupati Blora Djoko Nugroho berjabat tangan dengan Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni, Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M, usai menandatangani nota kesepahaman, di Yogyakarta, Jumat (17/3/2017). Nota kesepahaman ini antara lain berisi kerjasama pengembangan pertanian dan peternakan di Kabupaten Blora.

BLORA (wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora menandatangani kesepahaman (MoU) dengan Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (17/3/2017) pekan lalu. Kesepahaman antara lain berisi permintaan Pemkab Blora untuk mahasiswa UGM mengadakan KKN di desa-desa hutan yang ada di Blora, juga pengembangan pertanian dan peternakan sebagai salah satu potensi lokal yang ada di Kabupaten Blora.

Dalam rilisnya yang dikirim ke wartablora.com, Senin (20/3/2017), Achmad Nurhidayat, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Blora mengatakan, Bupati Djoko Nugroho sangat ingin kerja sama dengan UGM ditingkatkan di bidang pertanian dan peternakan.

"Mengingat Blora merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah dan penghasil sapi peranakan ongole terbesar di Indonesia," kata Bupati Djoko Nugroho seperti ditulis Humas dan Protokol Kabupaten Blora dalam rilisnya.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Nurhidayat mengatakan, Bupati Djoko Nugroho membawa rombongan pejabat eselonnya untuk nantinya menindaklanjuti kerjasama yang ada dalam nota kesepahaman itu.

"Sengaja kami bawa seluruh kepala dinas terkait agar mereka bisa menindaklanjuti kerjasama ini,” ujar Bupati.

Rombongan yang dibawa antara lain Asisten I Bidang Pemerintahan Setyo Edi, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Slamet Pamudji, Asisten III Bidang Administrasi Chris Hapsoro, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Wahyu Agustini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Reni Miharti, Kepala Dinas Pendidikan Achmad Wardoyo, Kepala Dinas Kesehatan Henny Indriyanti, serta Kepala Dinkominfo Sugiyono.

Dalam kesempatan tersebut, ujar Nurhidayat, Bupati Blora juga meminta UGM untuk mengirimkan mahasiswa-mahasiswinya untuk KKN di Kabupaten Blora.

“Wilayah kami hampir 50 persen berupa hutan milik perhutani, dimana di dalam kawasan hutan tersebut terdapat 82 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 200 ribu jiwa lebih. Saya ingin mahasiswa UGM nanti bisa KKN disana agar bisa mengabdikan diri membangun desa hutan. Coba nanti Bappeda bisa merumuskannya,” kata Bupati Djoko Nugroho.

Sementara itu pihak Rektorat UGM yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M, menyatakan kesiapan UGM untuk kerjasama dengan Pemkab Blora dalam mengembangkan pertanian dan peternakan.

“UGM terbuka dan setiap saat siap bekerja sama dengan Blora, terutama pengembangan sektor peternakan dan pertanian. Apalagi beberapa kali UGM pernah mengunjungi Blora untuk melakukan penelitian dan pengembangan pertanian di kawasan hutan,” katanya.

Untuk pengembangan peternakan, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA, DEA, mengemukakan integrated farming yang sangat cocok dikembangkan di Blora.

"Pengembangan integrated farming sangat cocok dilakukan di Blora. Kita juga ada program Bengkel Ternak untuk perbaikan dan pengembangan potensi peternakan," kata Profesor kelahiran Banjarejo, Blora, ini.

Sementara itu, dosen Fakultas Kehutanan UGM, Ahmad Maryudi Ph.D menyatakan kesanggupannya untuk mendorong mahasiswa kehutanan untuk KKN di Blora. Namun demikian, kandidat Guru Besar di Fakultas Kehutanan ini mengatakan, bentuk kegiatan tidak diatur secara rigid oleh universitas.

"Tapi sedari awal didasarkan pada usulan mahasiswa berdasarkan kondisi lokal dan masukan-masukan dari lapangan. Biasanya KKN UGM sifatnya tematik. Untuk Kabupaten Blora warna kegiatannya bisa saja didorong untuk lebih kental dengan isu kehutanan, peternakan atau pertanian," ujar alumni SMA 1 Blora angkatan 1994 ini. (*)


KOTAK KOMENTAR

Pemerintahan Lainnya 

on wartablora.com 

News / Peristiwa

Kapolres Kembali Ingatkan Netralitas Anggota

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:14
News / Peristiwa

Cegah Difteri, Anggota Polres Divaksin

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:04
News / Seremoni

9 Kapolsek Dirotasi

Selasa Legi - 16 Januari 2018 - 20:07
News / Seremoni
Sosialisasi DIPA Polres

Kapolres: Jangan Bermain-main dengan Anggaran

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 20:06
News / Peristiwa

Diduga Korsleting di Aki, Jazz Bidan Pule Terbakar

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 19:23