BERITA Nasional 2954
Views

Polri Sekarang Punya Direktorat Tindak Pidana Siber

Sabtu Kliwon - 04 Februari 2017 | 17:00 bbwi

Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, Kepala Bagian Penerangan Umum Kepolisian Indonesia.

JAKARTA (wartablora.com)—Sejumlah nomenklatur di kepolisian diubah, dan ada juga yang ditambah. Salah satu nomenklatur baru di Polri adalah Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Unit baru di Badan Reserse dan Kriminal Polri ini telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Ditunjuk direkturnya adalah Komisaris Besar Polisi M Fadil Imran. Kombes Fadil Imran sebelumnya Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

"Ada unit kerja baru yang sudah disetujui Bapak Presiden yang sebelumnya sudah dikomunikasikan dengan Kementerian Menpan RB yakni Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Dirtipidsiber memiliki tugas dan tanggung jawab menegakkan hukum terkait kejahatan siber," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Kepolisian Indonesia, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, Sabtu (4/2/2017).

Penunjukkan Kombes Fadil Imran oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ini melalui telegram rahasia yang berisi mutasi sejumlah perwira Polri. Dalam telegram nomor ST/261/II/2017 yang diterbitkan pada 3 Februari 2017 ini, Kapolri juga memberikan promosi kepada Wakapolda Jateng Brigjen Pol Firli menjadi Kapolda NTB, menggantikan Brigjen Pol Umar Septono. Sementara Wakapolda Jateng akan dijabat Brigjen Pol Indrajit yang sebelumnya Wakakorlantas.

Sementara untuk nomenklatur yang diubah antara lain Lembaga Pendidikan Kepolisian Indonesia dilengkapi jadi Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Indonesia, yang kepalanya dijabat Komisaris Jenderal Polisi Moechgiyarto, dengan wakilnya Inspektur Jenderal Polisi I Ketut Untung Yoga Ana, yang sebelumnya kepala Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Indonesia.

Sedangkan nomenklatur Divisi Teknologi Informasi Polri (TI) berubah menjadi Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan Irjen Pol Prasta Wahyu Hidayat sebagai kepalanya.

Di telegram Kapolri ini juga disebutkan untuk jabatan Kepala Densus 88 Anti Teror tidak lagi dijabat bintang satu melainkan sudah bintang dua.

"Yang dulunya dijabat bintang satu, nanti bintang dua," kata Kombes Martinus Sitompul.

Kepala Densus ini ditunjuk Brigjen Pol Muhamad Syafii yang sebelumnya Analis Kebijakan Utama Bidang Pencegahan Densus 88. Pangkat Muhamad Syafii akan dinaikkan jadi Irjen Polisi. Sementara wakilnya akan dijabat Brigjen Pol Eddy Hartono.

Kombes Martinus Sitompul menambahkan, untuk Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri pucuk pimpinannya tidak lagi Kepala Korps Brimob melainkan Komandan Korps Brimob. Dengan demikian untuk wakilnya tidak lagi Wakil Kepala tapi Wakil Komandan. Komandan Korps Brimob dijabat Irjen Murad Ismail, dengan Wadannya Kombes Iriyanto. (*)

 


KOTAK KOMENTAR

Nasional Lainnya 

on wartablora.com 

News / Peristiwa

Kapolres Kembali Ingatkan Netralitas Anggota

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:14
News / Peristiwa

Cegah Difteri, Anggota Polres Divaksin

Rabu Pahing - 17 Januari 2018 - 23:04
News / Seremoni

9 Kapolsek Dirotasi

Selasa Legi - 16 Januari 2018 - 20:07
News / Seremoni
Sosialisasi DIPA Polres

Kapolres: Jangan Bermain-main dengan Anggaran

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 20:06
News / Peristiwa

Diduga Korsleting di Aki, Jazz Bidan Pule Terbakar

Senin Kliwon - 15 Januari 2018 - 19:23